Rabu, 10 November 2010

Ide cari kerja yang brilliant

Saat usaha bisa diawali dari hobi, maka biasanya usaha tersebut akan dikerjakan dengan sepenuh hati dan pelakuknya akan enjoy dan dengan senang hati melakukannya Seperti halnya Anas (32) yang memulai bisnis tanaman hiasnya dari sekedar hobi dan berkembang hingga sekarang. Tiga tahun lalu, Anas dan tiga temannya membuka nursery Joglo Flora di kawasan Joglo, Kembangan, Jakarta. Modal yang diperlukan menurutnya juga sangatlah tidak terlalu mahal. Dengan modal awal sekitar Rp 2-3 juta, kini dengan luas lahan 3.500 meter Anas mampu meraup untung puluhan juta tiap bulannya. Perawatan adenium juga terbilang mudah. Adenium membutuhkan cahaya matahari langsung minimal 5 jam perhari dan dapat hidup antara suhu 5-52 derajat celcius Nursery Anas fokus mengembangkan tanaman mawar gurun atau adenium. 

Namun, sebagai stok Anas juga menyediakan tanaman hias pendukung lainnya. Adenium, menurut Anas, merupakan tanaman yang gampang dibudidayakan. Disamping itu, Setiap sebulan sekali ditambahkan hormon pertumbuhan seperti Atonik, Dekamon, dan sebagainya dengan cara disemprotkan ke sekujur tanaman• Sedangkan untuk media tanam, Anas menggunakan pasir Malang, arang,dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1:1. Media tanam diganti setiap tahun sekali. Karena budidaya dan perawatan yang mudah, Anas mengakui, kini makin banyak penggemar adenium di pasar. Selain itu, Adenium yang cacat atau memiliki kelainan justru semakin mahal harganya.
Pasalnya adenium yang cacat memiliki fisik yang berbeda dengan lainnya dan membuat harganya melonjak. “Barusan saja saya menjual adenium cacat black dengan batang yang berwarna hitam dengan harga Rp 2 juta,” kata Anas. Saat ini Anas sedang bersiap menjajaki pasar mancanegara. “Masa kita terus yang impor dari luar negeri. Padahal kita juga mampu untuk eksport ke luar,” ungkap Annas. Dalam mengembangkan usahanya memang diperlukan usaha kerja keras teruatam perhatian. Oleh karena itu penyiraman dilakukan setiap hari jika musim kemarau tiba, dan saat musim hujan intensitas penyiraman dikurangi. Pemupukan juga mudah dilakukan dengan pupuk kandang, humus atau kompos yang ditambahkan pada permukaan media tanam setiap 1 bulan sekali. Untuk tambahan nutrisi, Anas memberi pupuk kimia buatan pabrik yang bersifat slow release (tidak mudah larut) seperti Dekastar, Magamp, Osmocote setiap 3 atau 6 bulan sekali. Adenium bunga ukuran bonsai dari adenium arabicum dan Somalense. membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.
Umumnya, bonggol adenium yang dijual pedagang tidak menggembung dan berbentuk unik. Adenium jenis ini sering digunakan sebagai batang bawah. Adenium arabicum penampilannya eksotis karena batangnya besar dan percabangan banyak.. Di Somalia dan beberapa area di Kenya , tanaman ini merupakan tanaman hingga ukuran 15 kaki dengan bonggol batang berukuran sangat besar.Tetapi didaerah lain cenderung menyemak menyerupai obesum. Bunganya berukuran lebih kecil dibanding bunga adenium arabicum. Keistimewaan tanaman yang berjuluk queen of thousand flower ini adalah rajin berbunga. Bunganya berwarna putih dengan pinggiran merah muda dan corong putih. Namun tanaman ini sulit di perbanyak. Ukuran bunga mencapai sekitar 4-8,5 centi meter. Sedangkan Somalense merupakan species yang lain. Berasal dari Somalia Selatan sampai daerah di Kenya dan Tanzania. Kompetitor yang menjual adenium juga bertambah banyak dan persaingan meningkat. Untuk menarik minat pembeli, Anas terus melakukan inovasi pada tanamannya. Umunya untuk memasarkan adeniumnya ketika memasuki usia sekitar 6 bulan. Untuk tanaman adenium yang masih bayi, dijual dengan harga rata-rata Rp 200.000. Setelah memasuki usia 1-2 tahun, harga adenium dijual dengan harga Rp 800.000-Rp 12 juta. Semakin unik tanaman, semakin mahal pula harganya.
Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar