Senin, 08 November 2010

Isu Kerja dan Bisnis di Internet

Setelah anda menentukan dimana area kerja yang anda inginkan dan mampu membuat resume yang tepat, pada langkah berikutnya adalah bagaimana menemukna lowongan kerja yang tepat dengan area yang anda inginkan. Yaitu dengan mencari lowongan kerja yang tersedia di internet. Jika anda adalah masih sekolah atau baru tamat, ruang kerja anda masih sangat luas dibandingkan apabila anda sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Diantaranya karena untuk anda yang sudah bekerja, diperlukan sedikit privasi atau kerahasiaan data pribadi dari kawan-kawan sekantor atau ruang kerja bagi mereka yang sudah bekerja akan lebih tajam terhadap bidang yang sedang mereka tekuni. 

Tersedia berbagai level tingkat kerja yang mungkin ditemukan, dan berbagai cara yang bisa ditempuh untukmendapatkan informasi lowongan yang tersedia di internet ini.  Barikut ini beberapa isu yang bisa didapatkan melalui media yang tersedia di internet :
(1). Jaringan kelompok kerja dan forum diskusi, ribuan kelompok diskusi berdasarkan bidang kerja yang tersedia di internet, ada yang kelompok dokter, marketing, hobi, teknologi informasi, kumpulan para designer, pencinta fotografi, jaringan computer, dosen, dll. Masing-masing kelompok tersebut sering mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan bidang mereka masing-masing baik dalam betuk forum diskusi berbasis web, ataupun malalui email yang dikenal dengan mailing list atau groups. Bergabunglah dengan mereka, carilah kelompok yang sesuai dengan bidang anda. Meskipun umumnya mereka mendiskusikan bidang kerjaan yang sedang mereka tekuni, ada kalanya pada kelompok ini juga dilayangkan peluang kerja yang mungkin diisi oleh anda. Dilihat dari sisi perusahaan yang membutuhkan pekerja, tentu keberadaan kelompok dan jaringan ini menguntungkan mereka, karena para ahli atau mereka yang menekuni bidang tersebut berkumpul di sin, dengan demikian dengan memberikan informasi pada kelompok ini, akan memudahkan mereka untuk mendapatkan oran-orang yang tekun di bidang tersebut. Dilihat dari sisi pencari kerja, tentu selauin menunggu adanya informasi tentang lowongan, akan mengasah anggotanya dalam mempertajam bidang yang mereka tekuni. Dengan adanya kelompok ini, akan membuat kedua pihak akan saling diuntungkan. Kenapa anda tidak bergabung saja dengan mereka ?
(2) Kumpulan data pekerjaan dan pencari pekerja, situs semacam Yahoo! HotJobs, jobindo, dll., merupakan situs yang memiliki banyak jumlah data pekerjaaan yang sedang dibuka dimana dengan memanfaaatkan layanan mereka, jika anda ingin mencari pekerjaan, tinggal memasukkan kata kuncinya. Kebanyakan dari situs tersebut mempersilakan anda untuk menyimpan riwayat hidup anda secara gratis ke dalam database meraka, meskipun akhirnya anda dapat menemukan pekerjaan baik melalui mereka secara langsung ataupun tidak langsung. Bahkann beberapa dari mereka memberikan fasilitas untuk penyembunyian nama anda, sehingga tingkat keamanan isu tentang anda sedang mencari kerja di tempat lain bisa aman di kantor tempat anda bekerja saat ini. Selain berupa situs, terdapat juga kumpulan data pekerjaan dan pencari pekerja ini yang berupa mailing list, dimana lowongan pekerjaan diidstribusikan oleh mereka melalui email anda. Anda tinggal menunggu informasi dari mereka. Contohnya yang ada di Negara kita adalah Indonesia_headhunter, karir, dll.
(3). Situs untuk pekerjaan khusus, disamping untuk menempung berbagai macam pekerjaan, beberapa situs juga menyediakan layanan hanya untuk peketrjaan khusus. Artinya mereka hanya menerima pencari kerja pada bidang tertentu, dan hanya menerima lowongan pada bidang tertentu itu juga. Misalnya hanya menerima lowongan pada bidang tertentu itu juga. Misalnya hanya untuk kalangan eksekutiv, marketing, dokter, dll. Sebagai contoh untuk ruang lingkup internasional, jika anda adalah seorng marketing, tidak ada salahnya mencoba di marketing jobs, yang beralamat di http://www.marketingjobs.com/, di http://www.jobsinthemoney.com/.
(4). Situs perusahaan, jika anda tertarik untuk bekerja pada beberapa perusahaan, ada baiknya anda datagi masing-masing situs perusahaan yang dimaksud, lalu pelajari peluang kerja yang sedangmereka tawarkan. Umumnya perusahaan yang ada di internet mengizinkan anda untuk mlamar secara online, ada kalanya mereka menyediakan informasi tentang seseorang yang bisa anda kontak, sehingga akan mempermudah anda untuk menindaklanjutkannya. Coba kirimkan mereka lamaran anda, berikut surat pengantar. Cari email yang bisa anda hubungi, atau cari halaman yang menyediakan fasilitas untuk melamar secara online ini.
(5) Situs lowongan kerja, mari kita lihat, situs-situs yang memasang penghasilan lowongan kerja yang menjanjikan bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi tentang lowongan kerja di internet. Menariknya, disamping situs-situs yang dikelola oleh pihak swasta baik dalam maupun luar negeri, beberapa situs pemerintah pun bisa diandalkan untuk pencarian lowongan kerja di internet. Pada situs ekarir ini, anda dapat melihat daftar lowongan yang terbuka dan tersimpan di dalam database mereka. Beberapa fasilitas yang bisa anda manfaatkan adalah melengkapi resume anda di situs mereka untuk di simpan ke dalam database, dan alert service. Alert service adalah layanan pemberitahuan kepada anggotanya jika terdapat lowongan yang sedang diincar sedang dibuka. 

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar