Senin, 08 November 2010

Memanfaatkan Bursa Lowongan Kerja Secara Optimal

Bagi seseorang yang sedang berburu lowongan kerja, maka mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah bursa lowongan kerja. Yah, tempat ini biasanya menjadi salah satu tempat favorit bagi perusahaan untuk melakukan perekrutan karyawan baru, terutama untuk tahap atau kriteria ‘middle’ dan ‘level entry’. Di tengah sulitnya mencari informasi lowongan kerja baru saat ini, umumnya tempat ini juga menjadi pilihan populer bagi kalangan tenaga kerja fresh graduate, mahasiswa ataupun professional. Jadi tidak usah kaget jika setelah kita masuk ke dalamnya bakal penuh sesak!
Tempat ini selain sangat berguna untuk memperoleh informasi pekerjaan yang baru, juga ide bagus untuk menambah network dan pengetahuan kita, terutama pengetahuan tentang dunia kerja yang sesungguhnya it bagaimana! Secara tidak langsung, hal ini juga sangat bermanfaat untuk mengetahui tentang skil-skil apa saja yang benar-benar dibutuhkan saat ini dalam dunia kerja. Dengan mengetahui hal tersebut, kita juga dapat mengetahui dan mengukur seberapa besar kemampuan kita untuk bersaing dengan calon pelamar lainnya. Sehingga pada akhirnya sangat bermanfaat untuk mengintropeksi kekurangan yang ada dan kemudian kita dapat sesegera mungkin memperbaikinya untuk menaikkan kualitas SDM kita.
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar dapat membuat kunjungann kita ke bursa lowongan kerja lebih bermanfaat dan membawa hasil yang memuaskan seperti yang diharapkan! Berikut ini adalah beberapa hal tersebut:
  1. Hal pertama yang harus kita cermati adalah kita sebaiknya mengenali lebih jauh tentang job fair (nama kerennya bursa lowongan kerja he3x) yang hendak akan kita kunjungi. Terutama informasi mengenai jenis-jenis pekerjaan apa yang akan kita temui disana! Karena terkadang tidak semua jenis job fair menawarkan semua jenis pekerjaan. Terkadang ada beberapa yang menawarkan jenis-jenis pekerjaan tertentu. Di lain pihak kita tahu bahwa masuk ke tempat tersebut sering kali tidak gratis alias bayar kan! Contoh lainnya, ada beberapa universitas yang mengadakan bursa kerja untuk kalangan atau alumni mereka sendiri. Nah, oleh karena itu pastikan terlebih dahulu ada beberapa jenis pekerjaan yang yang kita inginkan ditempat tersebut dan jangan lupa sekali lagi pastikan dari segi administrasi kita dapat mengakses tempat tersebut. Intinya jangan sampai kita salah tujuan!
  2. Kemudian persiapkan berkas-berkas yang diperlukan agar kita tidak mengalami kesulitan ketika kita hendak melamar suatu pekerjaan dari tempat tersebut!
  3. Seperti yang telah ditulis sebelumnya, umumnya masuk ke tempat bursa lowongan kerja tidak gratis. Jadi jika kita hanya berminat untuk jalan-jalan atau melihat-lihat saja (no-action) mungkin sebaiknya kita tidak usah mendatangi tempat tersebut, kecuali jika kita belum pernah masuk ke tempat tersebut (pengalaman pertama) dan hanya sekedar ingin tahu suasananya gimana yah! Jadi point-nya, persiapakan diri kita dengan serius selayaknya ketika kita sedang melamar pekerjaaan di sebuah perusahaan.
  4. Kemudian sebelum masuk ke tempat bursa lowongan kerja, ada baiknya kita meminta peta atau denah dari tempat tersebut. Denah biasanya dapat kita minta ke panitia di depan pintu sebelum masuk. Dengan menggunakan denah, maka akan memudahkan kita ketika berada di dalam dan mengetahui letak jenis-jenis pekerjaan yang kita cari dengan lebih mudah. Ingat terkadang sebuah job fair menggunakan gedung yang luas, jika kita tidak menggunakan denah maka mungkin kita akan bingung dan kesulitan melakukan pencarian informasi kerja yang kita inginkan. Penggunaan denah juga sangat membatu dalam hal efficiency waktu dan tentunya sangat berguna untuk menghemat tenaga kita kan!
Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar