Minggu, 07 November 2010

Tips Mencari Lowongan Kerja di Internet

Koran atau Surat kabar merupakan media yang biasa digunakan oleh masyarakat umum dan para pencari kerja di Indonesia. yap pada Surat Kabar / koran Memang di sana banyak sekali lowongan Kerja yang ditawarkan, dan untuk melakukan lamaran pencari kerja harus mengirimkan lamaran beserta curiculum vitae lewat pos, untuk kemudian menunggu panggilan wawancara, jika mereka dianggap memenuhi syarat untuk diwawancarai. Sialnya mencari lowongan kerja di surat kabar kita akan berhadapan dengan konsekuensi persaingan yang cukup ketat antar pelamar.

Bagi pelamar kerja yang menginginkan persaingan yang rendah tapi bermutu, maka bersaing memperoleh pekerjaan melalui berbagai situs Internet menjadi salah satu alternatif yang menarik. Mengapa demikian, Internet secara alamiah akan melakukan seleksi alam terhadap penggunanya. Hanya segelintir pengguna Internet di Indonesia & kualitasnya rata-rata di atas kebanyakan orang Indonesia.
Nah jika anda mulai menyelami media interent atau website ,Anda Jangan kaget kalau ternyata dunia internet terdapat cukup banyak situs-situs yang menyajikan lowongan pekerjaan di internet, baik situs yang memang mekhususkan diri sebagai situs lowongan kerja, atau situs-situs perusahaan yang juga menyajikan lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan mereka. Bahkan situs berita seperti kompas.com juga mempunyai halaman yang berisi lowongan pekerjaan. Situs iklan biasanya juga menyajikan informasi lowongan pekerjaan .
Situs Jobs87.com , adalah salah satu situs iklan yang juga menyajikan lowongan pekerjaan , tetapi kebetulan lowongan kerja yang terdapat di situs iklan yang ada di situ kebanyakan berisi lowongan pekerjaan part time, atau tawaran untuk memperoleh uang dengan cara mendaftarkan diri ke suatu situs di internet. Sedangkan situs iklan lain yaitu www.iklan.co.id di bagian lowongan pekerjaanya isinya cukup beragam dari penawaran kerja part time, MLM, atau lowongan pekerjaan menjadi staf di kantor ( yang kebanyakan berada di Jakarta ).
Pada situs perusahaan biasanya juga terdapat menu “job opportunity”, yang biasanya adalah informasi adanya lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. Tetapi tidak semua situs perusahaan menyajikan menu job opportunity.
Jika mencari lowongan kerja lewat internet, yang paling baik memang membuka halaman web yang khusus menyajikan lowongan pekerjaan . Situs semacam itu sangat banyak di internet. Jika anda menginginkan pekerjaan di Indonesia sebaiknya membuka situs lowongan pekerjaan berbahasa Indonesia, karena situs lowongan kerja berbahasa Inggris biasanya menyediakan daftar lowongan kerja di luar negeri khususnya atau yang paling banyak adalah di Amerika.
Situs lowongan pekerjaan selain berisi mengenai pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan juga berisi mengenai resume dari orang-orang yang memposting resumenya di situs tersebut. Bagi pencari kerja dapat mencari lowongan pekerjaan yang diinginkan atau memposting resume mereka di situs tersebut dengan cara mengisi formulir yang disediakan di situs tersebut. Biasanya lama pengisian formulir untuk database resume tersebut sekitar 10 – 15 menit ( tergantung juga dari lama atau tidaknya anda menuliskan data-data anda dan kecepatan akses internet yang anda pakai) . Bagi perusahaan yang mencari staf dapat mencari orang-orang yang sekiranya memenuhi kriteria pekerja yang dibutuhkan di situs tersebut atau dapat juga memposting lowongan kerja . Situs lowongan kerja biasanya gratis.
Beberapa situs yang berisi mengenai lowongan pekerjaan antara lain:
www.jobsdb.com, di situ ini pencari kerja dapat memasukkan resumenya, dan jika ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan resume yang dimasukkan, maka akan diberitahukan lewat e-mail , dan keterangan lebih lanjut dapat di lihat di website mereka ( alamat dan kodenya disertakan di e-mail yang dikirimkan ).
www.sip.co.id situs ini berisi lowongan pekerjaan khusus untuk bidang Informasi Tehnologi (IT), pencari kerja dapat mengisi resume yang tersedia di situs tersebut atau jika sudah membuat resume dalam bentuk file, dapat melakukaan attach file dari resume tersebut, sehingga tidak mengambil banyak waktu untuk pengisian resume ( karena pembuatan resume dapat dilakukan off line )
www.gawean.com jenis lowongan pekerjaan yang ada di situs ini cukup beragam, dari mulai akuntan, banker, marketing, IT, dll Di homepage ini informasi yang dapat diperoleh cukup berragam dan isinya cukup menarik. Ada artikel yang berkenaan dengan mencari pekerjaan / pekerjaan , misalnya bagaimana jika anda dipanggil wawancara.dsb. Sebagian besar lowongan pekerjaan yang ditawarkan adalah untuk kota Jakarta.

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar