Selasa, 14 Desember 2010

Internet Marketing, sulit ataukah mudah?

Bisnis Internet Marketing tidaklah semudah yang anda bayangkan. Diperlukan konsistensi serta ketekunan dalam menjalankannya layaknya pekerjaan di dunia nyata. Internet marketing sendiri adalah sebuah pekerjaan yang memerlukan keseriusan kita untuk terus memperbaharui apa yang telah kita kerjakan di hari sebelumnya.

Mungkin kita sering mendengar beberapa kemudahan yang ada dalam internet marketing seperti tidak perlunya gelar dan syarat-syarat lain yang dibutuhkan apabila kita melamar sebuah pekerjaan. Namun jangan lupakan bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing antara internet marketing dengan pekerjaan di dunia nyata.


Internet marketing dapat menjadi jauh lebih mudah dari pada pekerjaan di dunia nyata apabila kita serius melakukannya dan menganggapnya sebagai pekerjaan serius juga. Banyak orang melakukan kesalahan dengan menganggap remeh dunia internet marketing dan melakukannya dengan setengah hati lalu berharap uang akan datang sendiri.


Layaknya sebuah bisnis yang akan anda mulai, anda harus melakukan persiapan sebelum memulai internet marketing. Adapun yang biasanya saya lakukan sebelum memulai proyek dalam internet marketing adalah sebagai berikut:

1. Menentukan program apa yang akan saya tekuni
Apakah itu affiliate, pay per click, pay per review, cost per action, dll

2. Membuat target pasar

Anggaplah kita seperti berjualan sesuatu di dunia nyata, apabila kita memiliki produk yang bagus tetapi tidak ada orang yang mengetahuinya, kita tidak akan berhasil menjual apapun. Juga apabila kita berjualan sesuatu yang orang tidak memerlukannya, maka kita juga tidak akan berhasil menjual apapun. Jadi target pasar ini amatlah penting.

3. Menentukan cara promosi dan budget untuk promosi

Setelah kita menemukan pasar yang sesuai, tentu kita memerlukan promosi agar orang mengetahui bahwa kita menjual sesuatu. Kita harus menentukan cara promosi yang efektif, jangan sampai harga yang kita keluarkan untuk melakukan promosi jauh lebih besar dari perkiraan pendapatan kita.

4. Mencari alternatif lain

Tidak semua prediksi kita akan berjalan dengan lancar, jadi kita harus menyiapkan alternatif lain untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Pertahankan pendapatan kita

Setelah proyek kita berhasil, jangan lupa untuk terus melakukan riset dan memikirkan cara-cara baru agar proyek kita bertahan lama. Dan pikirkan lagi proyek baru yang dapat kita lakukan untuk memperbesar keuntungan kita.

Bisnis internet marketing dapat menjadi sangat sulit ataupun sangat mudah tergantung kepada anda masing-masing. Apakah anda menekuninya layaknya pekerjaan anda setiap hari atau anda hanya menggangapnya sebagai pengisi waktu luang. BIla anda hanya menganggapnya sebagai pengisi waktu luang, jangan pernah berharap keuntungan yang besar akan masuk ke kantong anda. Tapi bila anda menekuninya dengan serius, anda tidak akan kecewa terhadap apa yang akan anda dapatkan kemudian dan untuk mendapatkan sebuah jenjang karir pun tidak mudah terlebih tidak menciptakan karir melainkan keuntungan tersendiri saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar