Kamis, 09 Desember 2010

Keterampilan Pribadi Menjadi Daya Pikat Perusahaan

Era globalisasi ini, persaingan dunia semakin ketat. Tak lagi hanya bersaing dengan ‘produk lokal’, tapi juga bersaing dengan sumber daya manusia dari luar negeri. Bila sudah begini, gelar pendidikan tak lagi hanya menjadi hal utama, melainkan kebutuhan akan keterampilan yang beragam dari tiap insan.
Setidaknya, anda dapat mengembangkan beberapa keterampilan berikut, yang menunjang kesuksesan Anda dalam meniti karir: loker
1. Bahasa. Keterampilan ini sudah menjadi salah satu keterampilan wajib sejak dulu di berbagai perusahaan. Dengan semakin gencarnya persaingan secara global saat ini, memiliki kemapauan berbahasa Inggris, China, Jepang atau Perancis akan lebih diminati. Semakin banyak bahasa yang dikuasai, semakin terbuka kesempatan mendapatkan pekerjaan.

2. Kepemimpinan. Tentunya keterampilan ini tidak turun begitu saja dari langit, tetapi dipelajari dan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk menimba pengalaman. Seseorang yang memiliki kemampuan memimpin tentunya akan lebih mudah untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Lagipula, kemampuan ini dibutuhkan dalam setiap perusahaan untuk menjalankan bisnis perusahaan.
3. Komunikasi, sukses tidaknya sebuah perusahaan juga dipengaruhi dengan “kemampuan berkomunikasi” dari setiap pegawainya. Yang dimaksud dengan kemampuan komunikasi yang baik di sini adalah mampu menengahi konflik, menghadapi masalah atau menciptakan suasana kerja yang nyaman sehingga dapat meningkatkan produktivitas, yang tentunya menguntungkan bagi perusahaan.
4. Mengelola sumber daya manusia. Kemampuan ini dibutuhkan di setiap perusahaan untuk mengatur dan mengelola setiap insan pekerja, agar dapat bekerja dengan maksimal, menjaga hubungan interpersonal serta menjadi jembatan antara struktur bawah dan atas. Tak heran bila kini banyak ditemukan banyak jenjang pendidikan maupun pelatihan khusus sumber daya manusia.
5. Keterampilan komputer. Keterampilan yang satu ini tentunya memegang kendali di setiap link dalam perusahaan. Terlebih lagi, sistem komputerisasi menjadi tolak ukur dalam kemajuan sebuah perusahaan. Anda dapat mengembangkan kemampuan ini dengan mengikuti kursus komputer yang kini sangat mudah ditemui, yang memberikan pelatihan mulai dari tingkat dasar hingga advanced. Tentunya setiap yang anda miliki harus sesuai dengan pekerjaan yang anda inginkan. Semakin banyak keterampilan yang dikuasai untuk suatu pekerjaan, semakin besar kemungkinan mendapatkan pekerjaan tersebut. kerja lowongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar