Selasa, 30 November 2010

12 Tips Meningkatkan Kebahagiaan Dan Produktivitas Di Tempat Kerja

Tentu saja, menjadi bahagia di tempat kerja sangat tergantung pada seberapa banyak Anda menyukai pekerjaan Anda. Namun ada juga langkah-langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kebahagiaan Anda. Beberapa langkah ini SANGAT kecil, tapi mereka yang melakukan langkah-langkah ini dapat memperbaiki situasi kerja mereka dan meningkatkan kebahagiaan.
1. Memeriksa kelelahan mata dengan menempelkan tangan Anda ke dahi dalam posisi seperti orang memberi hormat. Jika mata Anda sudah merasa lega, ruang kerja Anda akan kembali terang.
2. Duduk tegak dengan bahu yang turun – setiap kali saya memperbaiki posisi duduk, saya langsung merasa lebih energik dan bersemangat.
3. Miliki headset telepon. Saya menolak untuk memakainya dalam waktu lama meskipun rasanya memang sangat nyaman. Dengan memakai headset, saya dapat berbicara dengan jelas dan terdengar bersemangat.
4. Jangan menyimpan permen di meja Anda. Studi menunjukkan seseorang lebih mungkin untuk ngemil saat tertekan dengan beban pekerjaan. Segenggam permen coklat setiap hari bisa berakibat berat badan bertambah beberapa kilo pada akhir tahun.
5. Jangan pernah berkata “ya” di telepon; sebaliknya katakan saja “Saya akan menghubungi Anda kembali”. Ketika Anda berbicara dengan seseorang, keinginan untuk mengakomodasi menjadi sangat kuat dan dapat membawa Anda untuk berkata “ya” tanpa pertimbangan yang cukup.
6. Ketika memutuskan untuk mengatakan “ya”, bayangkan bahwa Anda menerima pekerjaan yang harus Anda lakukan besok. Jangan menyetujui sesuatu hanya karena Anda menganggap dapat melakukannya kapan-kapan sehingga tidak tampak berat.
7. Jangan sampai biarkan diri Anda terlalu lapar. Ketika Anda lupa makan akibat terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda, hal ini hanya akan membuat Anda ‘kalap’ saat tubuh Anda akhirnya mendapatkan makanan. Akibatnya, tubuh Anda bisa-bisa malah jatuh sakit. Makanlah secara teratur.
8. Mengerjakan tugas yang sulit secepat mungkin. Menunda melakukan hal itu justru memberatkan Anda. Menyelesaikan pekerjaan tersebut justru dapat memberikan dorongan energi yang besar dan membuat Anda lega.
9. Jika Anda merasa kewalahan, perbaiki cara Anda menghabiskan waktu kerja. Bersikaplah jujur. Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk berselancar di internet, mencari hal-hal yang tidak seharusnya Anda lakukan di tempat kerja, atau melakukan sebuah tugas yang sebenarnya merupakan tugas orang lain?
10. Biarkan diri Anda tetap tidak tahu akan hal-hal yang tidak perlu Anda tahu.
11. Keluar dari ruangan Anda paling tidak sekali dalam sehari, dan jika memungkinkan, berjalan-jalanlah. Sinar matahari dan juga beraktivitas sangat baik untuk fokus, mood dan penyimpanan informasi Anda.
12. Katakan “Selamat pagi” kepada semua orang. Kontak sosial adalah sebuah semangat, dan jika Anda merasa bahwa Anda memiliki hubungan baik dengan semua orang yang ada di kantor, Anda akan merasa lebih berbahagia setiap hari. Hal itu juga merupakan sikap yang sopan untuk dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar