Kamis, 11 November 2010

Mencermati Iklan Lowongan Kerja

Belakangan ini, mencari iklan lowongan kerja relatif lebih mudah. Karena seiring dengan perkembangan teknologi, iklan lowongan kerja bukan cuma bisa anda lihat di surat kabar tetapi juga di internet. Tapi, banyaknya iklan lowongan kerja tersebut bukan berarti anda bisa mengirimkan lamaran sesuka anda.

Memang, tidak ada larangan bagi anda untuk mengirimkan surat lamaran ke perusahaan yang beriklan dalam mencari karyawan. Tetapi ada baiknya, anda perhatikan dulu iklan lowongan kerja itu dengan seksama. Karena perilaku mengirimkan lamaran sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan hal-hal terkait dalam iklan, akan berdampak pada biaya tinggi. Berikut ini adalah tips dalam memilih iklan lowongan kerja:
- Syarat lamaran harus jelas dan terukur. Kualifikasi apa yang harus dimiliki untuk melamar di perusahaan tersebut. Misalnya persyaratan umur, pendidikan, jenis kelamin, keahlian, dsb. Hal ini perlu anda pertimbangkan. Jika tidak memenuhi salah satu syarat tersebut sebaiknya anda tidak perlu mengirimkan lamaran.
- Iklan tersebut harus memberi kejelasan bisnis perusahaan. Maksudnya dalam bidang apa perusahaan tersebut bergerak. Informasi ini cukup penting untuk mengukur apakah jenis bisnis perusahaan itu akan cocok untuk anda nantinya.
- Menerangkan informasi perilaku kerja. Misalnya, bersedia bekerja sesuai deadline, bersedia ditugaskan ke luar kota, mampu bekerja sama dalam tim, dsb. Informasi ini penting untuk menjelaskan kepada pelamar akan tanggung jawab pelamar jika diterima bekerja kelak.
- Mencantumkan manfaat yang ditawarkan. Misalnya kisaran gaji dan fasilitas yang akan diberikan. Memang tidak semua iklan mencantumkan hal ini tetapi iklan lowongan kerja yang mencantumkannya, dapat diindikasikan bahwa perusahaan tersebut telah siap menerima karyawan sebagai suatu aset. Tetapi anda pun harus menyadari, bahwa pencantuman itu menandakan bahwa anda harus bersedia bekerja keras sesuai dengan kompensasi yang akan anda terima nantinya.
- Pastikan alamat perusahaan jelas sehingga anda nggak akan kebingungan mengirimkan lamaran. Lebih baik lagi, selain mencantumkan alamat perusahaan atau PO. BOX, iklan tersebut juga mencantumkan alamat email.
- Batas waktu pengiriman surat lamaran jelas. Agar anda tidak buang-buang biaya dan energi untuk mengirim surat lamaran kepada perusahaan pemasang iklan, ketahui batas waktu pengiriman lamaran. Jika tanggalnya sudah lewat ya tidak usah anda kirimkan, daripada lamaran anda dicuekin.
- Media tempat pemasangan iklan. Jika iklan tersebut dipasang di media terkenal dan memiliki jangkauan luas, maka kemungkinan akan banyak pelamar. Ini menandakan bahwa tingkat kompetisi akan tinggi sehingga peluang untuk diterima pun tidak begitu besar. Tetapi iklan lowongan kerja yang dipasang pada media terkenal dengan ukuran besar juga bisa menandakan perusahaan tersebut cukup bonafid. Begitu juga dengan pemasangan iklan di internet. Jika iklan tersebut di pasang di situs yang cukup besar dan terkenal, kemungkinan perusahaan yang bersangkutan cukup bonafid. Dan anda juga mesti siap-siap bersaing dengan pelamar lainnya.
Dengan mencermati iklan lowongan kerja, paling tidak akan mengurangi resiko lamaran yang sia-sia. So, sebelum anda memutuskan mengirim lamaran, teliti dulu iklannya. Selamat meneliti iklan lowongan kerja..!


Bookmark and Share   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar